Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Fisika Macam-macam dan Sifat Kemagnetan Lengkap | BelaTIH.com

Materi Fisika Macam-macam dan Sifat Kemagnetan Lengkap — Tahukah Anda bahwa magnet sebenarnya diambil dari Bahasa Yunani? Magnesia atau yang dikenal sebagai magnet merupakan benda yang dapat menarik benda berbahan besi, baja, dan logam-logam tertentu. Bahkan Anda dapat menemukan benda di sekitar yang menggunakan magnet, seperti kompas, load speaker, kereta magnet, pesawat telepon, amperameter, mesin pembangkit listrik, dan alat pengangkat besi.

Magnet
Sc: to artist

Penggolongan Benda Berdasarkan Sifat Magnet

Benda berdasarkan sifat magnetnya dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu benda bahan magnetik dan benda bahan nonmagnetik. Bahan magnetik ini juga dikenal dengan istilah ferromagnetik yang merupakan benda-benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet. Contohnya besi, nikel, baja, dan kobal. Sementara untuk magnet yang memiliki bahan nonmagnetik digolongkan lagi menjadi dua jenis, yaitu paramagnetik dan diamagnetik.

Benda berbahan nonmagnetik diartikan sebagai golongan benda yang memiliki daya tarik lemah atau tidak dapat ditarik oleh magnet. Jenis pertama dari nonmagnetik yaitu paramagnetik yang memiliki penggolongan sebagai benda dengan daya tarik magnet lemah, dan tidak dapat dimagnetkan, seperti alumanium, magnesium, dan platina. Sementra untuk jenis yang kedua yaitu diamagnetik termasuk dalam golongan benda yang sedikit memiliki penolakan terhadap magnet.

Bedanya antara paragmagnetik dengan diamagnetik yaitu menarik dan ditolak, serta kemampuannya dalam dimagnetkan. Diamagnetik ditolak lemah oleh magnet, tapi masih bisa dimagnetkan, seperti seng, bismuth, merkuri, emas, dan garam dapur. Tahukah Anda mengapa di Indonesia magnet disebut sebagai besi berani? Hal ini dikarenankan terdapat batu di daerah Magnesia. Daya tarik menarik kemagnetan yang kuat, maka disebutlah besi berani.

Penggolongan Magnet Berdasarkan Prosesnya

Macam-macam magnet juga dapat dibedakan berdasarkan proses terjadinya, seperti magnet alam dan magnet buatan. Sesuai dengan namanya, magnet alam memang tersedia di alam tanpa adanya campur tangan dari manusia dan memiliki kemampuan menarik benda-benda magnetik di sekitarnya secara alami. Magnet yang alami ini sudah diketahui oleh orang-orang pada zaman Yunani Kuno. Pada zaman tersebut magnet ini banyak ditemukan di daerah Magnesia atau Gunung Ida.

Magnet alam juga terdapat di daerah Norwegia dan Pulau Elba. Sementara magnet buatan merupakan magnet yang memang sengaja diciptakan dengan bantuan tangan manusia. Magnet ini sengaja diciptakan untuk suatu keperluan, seperti magnet yang berada di laboraturium sekolah. Terdapat 3 cara untuk membuat magnet, yaitu menggosok, menginduksi, dan mengaliri dengan arus listrik atau yang disebut dengan elektromagnetik.

Penggolongan Magnet Berdasarkan Sifat Bahan Pembentuknya

Magnet juga dapat digolongkan berdasarkan sifat dari bahan pembentuknya yang dibagi menjadi dua, yaitu magnet keras dan magnet lunak. Magnet keras merupakan bahan yang sukar untuk dijadikan magnet, tapi setelah mengelami proses pembentukan menjadi magnet, maka bahan yang keras ini mampu menyimpan kemagnetan dalam jangka waktu yang cukup lama. Contoh bahan magnet yang keras diantaranya adalah baja, akomak, dan kobalt.

Jenis magnet yang kedua berdasarkan sifat bahan pembentuknya yaitu magnet lunak. Uniknya bahan ini justru memiliki perlawanan dengan magnet keras. Magnet lunak ini sangat mudah dijadikan magnet, tapi justru tidak mampu menyimpan kemagentannya. Jenis bahan ini pun sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar Anda, seperti besi. Jika didekatkan dengan magnet jelas besi langsung dapat ditarik, tapi tidak bisa menyimpan kemagnetannya.

4 Sifat Magnet

Terdapat 4 sifat-sifat magnet yang dapat Anda ketahui, dan ini sering muncul pada soal-soal ujian Fisika tentang kemagnetan. Sifat pertama yang dimiliki magnet adalah memiliki dua kutub, Selatan (S) dan Utara (U). Sifat kedua, kutub-kub magnet yang sejenis (S-S atau U-U) akan saling tolak-menolak, sementara jika tidak senis (S-U) akan saling tarik-menarik. Sifat ketiga, magnet mampu menarik benda logam tertentu. Sifat keempat, gaya tarik besar magnet berada pada kutubnya.

Begitulah materi sifat kemagnetan yang admin share di artikel ini, tetap semangat belajar. 


Posting Komentar untuk "Materi Fisika Macam-macam dan Sifat Kemagnetan Lengkap | BelaTIH.com"