Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mempelajari Makhluk Hidup dan Tak Hidup Ruang Lingkup Biologi | BelaTIH.com

Mempelajari Makhluk Hidup dan Tak Hidup Ruang Lingkup Biologi – Pada kehidupan ini terdapat makhluk hidup dan tak hidup yang hidup berdampingan dalam suatu biosfer. Keduanya saling memberikan kelengkapan, dimana makhluk hidup pun membutuhkan yang tak hidup untuk dapat melangsungkan kehidupannya. 

Sc: 123rf.com

Makhluk hidup dan tak hidup ini penting sekali diketahui, sebab dalam kehidupan dunia makhluk hidup pun membutuhkan keberadaan makhluk tak hidup yang ada dalam satu ekosistem. Berikut ini penjelasan singkat mengenai makhluk dalam dunia yang bisa dipelajari dalam ruang lingkup biologi.

Makhluk Hidup dan Tak Hidup

Makhluk hidup atau yang sering dikenal dengan biotik, merupakan makhluk yang menunjukkan adanya gejala kehidupan. Misalnya tumbuhan, hewan, dan manusia ketiganya ini tergolong dalam makhluk hidup.

Sedangkan makhluk tak hidup atau abiotik, ialah sesuatu yang tidak menunjukkan gejala-gejala makhluk hidup dan tak hidup kehidupan berdasarkan teori. Misalnya batu, pasir, tanah, air, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Dalam kehidupan ini terdapat ciri-ciri sebuah makhluk dapat dikatakan sebagai makhluk hidup. Mulai dari bisa bernapas, membutuhkan nutrisi, tumbuh dan berkembang, dan masih banyak lagi laginnya. Berikut ini beberapa hal yang menjadi ciri bagi makhluk hidup. 

Bernapas

Bernapas salah satu kegiatan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida selama proses pernapasan. Tanpa bernapas seseorang akan mati atau tidak bisa melangsungkan sebuah kehidupan.

Makan dan Minum 

Sebagai seorang makhluk hidup pasti membutuhkan makanan dan minuman sebagai pemenuhan energi, untuk melakukan aktivitas makhluk hidup memerlukan energi.

Bergerak

Bergerak merupakan kegiatan berpindah tempat. Seperti bergoyang, menggerakkan lengan, berjalan, berlari, dan berenang.

Tumbuh dan Berkembang 

Tumbuh dan berkembang ini salah satu ciri makhluk hidup, dimana selalu mengalami perubahan tinggi, besar, dan sebagainya, hal ini sebagai bukti bahwa makhluk hidup tumbuh dan berkembang.

Iritabilitas 

Iritabilitas merupakan kemampuan makhluk hidup dalam menghadapi rangsangan. Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang diterima.

Makhluk Hidup dan Sistem Klasifikasi

Dalam sebuah praktik teorinya makhluk hidup dan tak hidup, makhluk hidup ini memiliki sebuah pengelompokan yang dinamakan dengan klasifikasi. Klasifikasi makhluk hidup ini merupakan pengelompokan berbagai makhluk hidup yang memiliki ciri dan sifat yang sama, lalu dimasukkan dalam sistem pengklasifikasian.

Sistem ini mengenalkan adanya tingkatan-tingkatan kelompok makhluk hidup mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil. Dalam ilmu IPA tingkatan ini disebut dengan takson, dimana terdapat pengelompokan dari tertinggi hingga terendah. Tingkatan tersebut adalah Kingdom, Phylum/Devisio, Class, Ordo, Familia, Genus, dan Species.

Berdasarkan tingkatan takson, maka berfungsi hukum apabila semakin tinggi tingkatan takson maka akan semakin sedikit persamaan yang dimiliki. Semakin rendah tingkatan maka jumlah anggotanya semakin sedikit dan mengerucut. Makhluk hidup dibagi menjadi 5 kingdom atau yang dikenal dengan sebutan Klasifikasi 5 Kingdom yakni Kingdom Monera, Kingdom Protista, Kingdom Fungi, Kingdom Plantae, dan Kingdom Animalia.

Dalam penulisan nama ilmiah suatu jenis makhluk hidup pun juga diatur dalam penamaan binomial nomen klatur, dimana terdapat syarat penulisan nama ilmiah suatu makhluk hidup.

Itulah beberapa pengetahuan singkat mengenai makhluk hidup dan tak hidup yang bisa dipelajari. Dalam kehidupan ini memang kita hidup berdampingan dengan benda hidup dan tak hidup dalam lingkungan biosfer, yang mana sangat menunjang keberadaan makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang sehingga masih ada sampai saat ini.


Posting Komentar untuk "Mempelajari Makhluk Hidup dan Tak Hidup Ruang Lingkup Biologi | BelaTIH.com"